Resensi Buku : Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3 - Alwan.id

Baru

Jumat, 09 Juni 2017

Resensi Buku : Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3

Resensi Buku : Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3
Hai Sobat, kali ini saya akan membagikan resensi buku berjudul Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3 karya Juwita R. Cekidot sob

Resensi Buku : Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3


Identitas Buku
Judul : Ensiklopedia Biologi Tanaman Obat 3
Penulis : Juwita R.
Jumlah halaman : 40 halaman
Harga : Rp. 10.000
Penerbit : Penebar Swadaya
Tahun penerbitan : 2008

          Tanaman obat adalah semua tanaman yang memiliki kegunaan sebagai obat. Diperkirakan 20% dari seluruh spesies di muka bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.
         Negara kita, sebagai salah satu daerah tropis mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat besar. Dari seluruh luasan hutan hujan tropis Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 30.000 spesies lebih dari 8000 spesies merupakan tanaman yang mempunyai khasiat obat dan baru 800-1.200 spesies yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk obat tradisional atau jamu.
           Buku Ensiklopedia Biologi : Tanaman Obat ini terdiri dari 3 (tiga) seri. Penyajian jenis tanaman disusun berdasarkan huruf alphabet, pada buku ini jenis tanaman obat dimulai dari huruf L hingga W.
         Buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami, penjelasan yang dipaparkan sederhana, singkat dan jelas. Penyajian informasi melalui gambar-gambar asli disertai penjelasan singkat tentang manfaat tanaman.
        Buku ini memiliki informasi yang rinci. Dijelaskan bagian tumbuhan yang bermanfaat sampai cara penggunaan. Disertai dengan perpaduan warna yang menarik, membuat buku ini nyaman dibaca. Buku ini juga terbilang murah hanya Rp.10.000. Informasi yang ada juga berdasarkan hasil observasi yang ter-update. Sampul buku di desain menarik dengan perpaduan warna hijau dan kuning.
       Sayangnya buku ini dibagi menjadi 3 seri, sehingga 1 bukunya terkesan tipis. Seharusnya penulis membuat 1 buku dengan menyatukan semua informasi yang ada, sehingga lebih ringkas. Kelemahan lainnya, daftar isi dalam buku ini memuat penomoran halaman yang salah.
     Buku ini layak dibaca karena didalamnya memuat informasi tanaman obat secara detail. Sehingga buku ini mudah dipelajari oleh semua kalangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar