Info Seputar KTT G20 ke-12 di Hamburg, Jerman - Alwan.id

Baru

Sabtu, 08 Juli 2017

Info Seputar KTT G20 ke-12 di Hamburg, Jerman

Info Seputar KTT G20 ke-12 di Hamburg, Jerman
Hy Sobat, kali ini saya akan membahas tentang KTT G20 di Hamburg, Jerman. Sebelumnya, bagi sobat yang belum tau, G20 adalah organisasi 19 negara perekonomian terbesar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Sedangkan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi)-nya sendiri dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Beberapa hal sudah saya rangkum di bawah ini:

1. Pertemuan Tatap Muka Pertama antara Trump dan Putin

Tatap Muka Pertama antara Trump dan Putin
Source: NY Daily News
   Pertemuan KTT G20 2017 (ke-12) berlangsung selama 2 hari, dari 7-8 Juli 2017 di Hamburg, Jerman. Pertemuan ini sekaligus mengawali tatap muka pertama antara Trump (US President) dan Putin (Russia President) sob, tepatnya pada hari Jum'at 7 Juli 2017. Memang sebelumnya mereka telah saling berkomunikasi yakni sebelum dan setelah pemilihan presiden Amerika Serikat. 
   Beberapa hal yang mereka bahas yakni, dugaan peretasan (hacker) dalam pemilihan presiden AS tahun lalu. Meskipun hal tersebut (dugaan peretasan) tidak dibenarkan oleh Putin, sesuai pernyataan dari menteri luar negeri Sergei Lavrov dan juga dari film dokumenter "Putin's Interview" yang saya tonton. Selain itu, mereka juga membahas isu di Suriah dan Ukraina, Teroris, dan Cybersecurity.

2. KTT G20 : Jerman Lautan Api!

Demo pada KTT G20
Source: abendblatt.de
Bukan Bandung lautan api ya sob, tapi Jerman lautan api. Kerusuhuan, Bentrokan, dan Demonstran memenuhi jalanan Jerman, bahkan menurut informasi ada lebih kurang 30 agenda Demo. KTT G20 yang dihadiri lebih kurang 20 pemimpin dunia itu tentu saja menjadi momen yang tak bisa dilewatkan begitu saja bagi para anti-kapitalis, ratusan ribu orang melakukan aksi protes terhadap kaum kapitalis. Bahkan mereka membakar kendaraan, melempari batu kepada pihak berwenang, dan menjarah toko-toko. Sebanyak 20.000 aparat dikerahkan untuk mengamankan KTT G20 ini. Hingga kini diperkirakan hampir 75 aparat terluka karena bentrok dengan demonstran. 

3. Kontroversi Pelaksanaan KTT G20 di Jerman

Info Seputar KTT G20 ke-12 di Hamburg, Jerman
Source: bbc.com
   Soal tempat pelaksanaan nih sob, sempat ada kontroversi dimana pelaksanaan KTT G20. Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel, mengajukan saran agar KTT G20 dilakukan secara teratur di Gedung PBB (New York), bukan di negara kepresidenan G20. Dimana pada Desember 2016, kepresidenan G20 diambil alih oleh Jerman dari Cina.
   Gabriel mengatakan biaya untuk pelaksanaan KTT G20 di Hamburg mencapai 150 juta euro atau sekitar Rp2,6 triliun sob, ditambah lagi kekhawatiran akan faktor keamanan. 
   Tak kalah kontroversialnya adalah 'drama politik yang akan dimainkan' saat pertemuan puncak, yang sudah ditetapkan oleh Jerman, bertema perubahan iklim, perdagangan, migrasi, terorisme, dan kesehatan. Namun, pada akhirnya KTT G20 ke-12 tetap dilaksanakan di Hamburg, Jerman

4. Indonesia di KTT G20

Indonesia di KTT G20
Source : CNN
Tentu saja sebagai anggota G20, Indonesia juga di undang dalam KTT G20 di Jerman. Dalam hal ini, Indonesia sangat membanggakan sob, dimana presiden Indonesia, bapak Jokowi menjadi pembicara utama soal terorisme. Selain itu, bapak Jokowi juga diminta menyampaikan intervensi dalam sebuah sesi yang membahas keuangan dan ekonomi. Keren kan sob

5. Pertemuan antara Jokowi dan Donald Trump

Source: Twitter Jokowi
Di tengah-tengah KTT G20, bapak Jokowi dan Trump mengadakan pertemuan untuk membahas kerjasama ekonomi dan pemberantasan terorisme. Di bidang ekonomi, bapak Jokowi bicara mengenai ekspor kelapa sawit dari Indonesia ke Amerika Serikat. Dalam isu terorisme, bapak Jokowi membahas gerakan ISIS yang semakin meluaskan jangkauannya terutama di Asia.

Tambahan : Jokowi dan Malcolm Turnbull Intip Demonstran

Jokowi dan Malcolm Turnbull Intip Demonstran
Source : Twitter Pramono Anung
Nah, pembukaan KTT G20 juga sempat ditunda sob, karena ada demo. Di tengah" penundaan tersebut bapak Jokowi dan Malcolm Turnbull (Perdana Menteri Australia) sempat mengintip aksi unjuk rasa di jalanan Hamburg. 

Ok deh sob, mungkin cuman itu saja yang bisa saya bagikan. Informasi di atas saya dapatkan dari beberapa referensi : bbc.com, koran hamburger abendlatt, NY Daily News, CNN dan kompas.com . Terima Kasih, dan semoga bermanfaat

14 komentar: