7 Fakta dan Mitos Seputar Deep Web - Alwan.id

Baru

Senin, 03 Juli 2017

7 Fakta dan Mitos Seputar Deep Web

Fakta dan Mitos Seputar Deep Web
Hy sobat, pernah denger deep web/dark web, nah kali ini saya mau sharing tentang fakta dan mitos tentang deep web/dark web nih sob. Biar sobat ga salah paham, dan kelihatan kudet. Cekidot sob.

Apa sebenarnya deep web?

Source : Deep Web Sites
Sederhananya, semua web yang bisa sobat akses dengan mudah melalui penelususan, baik google, yahoo, dan lain sebagainya, itu disebut 'Surface Web' yang mudah untuk diakses. Nah, Deep Web sendiri link/situs yang tidak tersebar ke publik dan tidak mudah untuk diakses (secara langsung). Deep Web sendiri diciptakan untuk menjaga identitas dari pengguna internet, atau berstatus anonim. Seperti ilustrasi gunung es pada gambar di atas, Surface Web adalah bagian atas, dan Deep Web adalah bagian bawah, dimana Deep Web lebih banyak dari Surface Web.

Fakta : Deep Web jauh lebih besar daripada Surface Web

Menurut informasi dari situs pandasecurity. Surface Web terdiri dari 1 miliar dokumen, sedangkan Deep Web terdiri dari 550 miliar dokumen. Bisa dibayangkan besarnya Deep Web mencapai 500x besar Surface Web.


Mitos : Deep Web dijalankan oleh para kriminal dan Deep Web itu ILEGAL!

Pernyataan diatas salah besar, nyatanya Deep Web dijalankan secara sah. Bahkan banyak perusahaan" dan individu bereputasi (elit) yang menggunakan deep web.


Fakta : Kebanyakan konten di Deep Web bisa diakses secara gratis

Meskipun Deep Web tidak mudah untuk ditemukan, tapi 95% dari konten, halaman, gambar, video bebas diakses secara gratis. Memang ada beberapa situs yang harus bayar untuk mengaksesnya, biasanya berupa membership.


Mitos : Mengakses Deep Web perlu alat khusus

Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sobat bisa mengaksesnya hanya bermodal browser standar, seperti Mozilla, Crome, dll. Memang ada beberapa situs yang membutuhkan browser khusus seperti Tor Browser untuk mengaksesnya.

Fakta : Dibutuhkan mata uang khusus untuk bertransaksi di Deep Web

Di Deep Web sendiri banyak tersedia toko" online dimana sobat bisa melakukan transaksi. Namun, sobat memerlukan mata uang virtual bernama Bitcoin. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca di Bitcoin


Mitos : Akses Deep Web, PC sobat bakal hang, kena virus. Sobat bakal dicari dan diburu!

Mungkin ini salah satu mitos yang paling sering saya dengar dan saya baca. Deep Web itu situs publik sob. Sobat juga mengaksesnya dengan browser standar ataupun TOR, pastinya mereka bikin browser sudah diuji coba keamannya, tidak semudah itu virus bisa masuk ke PC sobat, kecuali kalau sobat nekat download file-file gajelas. TOR Browser sendiri di sponsori  United States Department Of State Bureau Of Democracy, Human Rights, And Labor, The Ford Foundation, Swedish International Development Cooperation Agency among other government-backed groups. Jadi dijamin keamanannya.

Soal dicari dari diburu, lagian pengguna Deep Web bukan cuman sobat doang, masih banyak pengguna lain di dunia. Andaikan setiap orang yang mengakses Deep Web diburu semua, bakal capek tuh orang yang ngeburu.

Fakta : Deep Web dan Dark Web itu Beda

Banyak orang menganggap Deep Web dan Dark Web itu sama, nyatanya dua Web tersebut beda sob. Dark Web sendiri di buat untuk menutupi privasi sob, lebih kearah transaksi ilegal. Sedang, Deep Web adalah jenis web yang tidak bisa diakses secara langsung di search engine/mesin pencarian. Meskipun Deep Web memenuhi hampir 90+% dari internet, Dark Web hanya 0,1%

Ok sob mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Internet ada baik dan ada buruknya, tergantung bagaimana sobat menyikapi. Gunakan internet dengan bijak. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar